Standar Proses Pembelajaran

Karakteristik Pembelajaran

Interaktif

Mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen

Holistik

Mendorong terbentuknya pola pikir yang komperhensif dan luas

Integratif

Proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan

Saintifik

Mengutamakan pendekatan ilmiah dan sistem nilai akademik

Kontekstual

Disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah

Tematik

Disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi

Efektif

Capaian pembelajaran diraih secara berhasil guna

Kolaboratif

Melibatkan interaksi antar individu pembelajar

Berpusat pada mahasiswa

Mengutamakan pengembangan kreativitas dan kemandirian

Perencanaan Pembelajaran

Nama program studi, mata kuliah, semester, SKS, dan dosen pengampu
Capaian pembelajaran lulusan mata kuliah
Kemampuan akhir yang direncanakan
Bahan kajian pembelajaran
Metode pembelajaran
Waktu pembelajaran
Pengalaman belajar mahasiswa
Kriteria dan bobot penilaian
Daftar referensi

Standar Penilaian

Edukatif

Memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Otentik

Berorientasi pada proses belajar berkesinambungan

Objektif

Penilaian berdasarkan standar yang disepakati

Akuntabel

Dilaksanakan sesuai prosedur yang jelas

Transparan

Prosedur dan hasil dapat diakses oleh pemangku kepentingan